4 Cara Kerja Otak

Posted by Meningkatkan daya otak Minggu, 08 Juli 2012 0 komentar
John Medina, sang penulis buku Brain Rules : Principles for Thriving at Work, Home and School menjelaskan bayak hal tentang cara kerja otak. Buku ini sangat menarik meski kental dengan pandangan-pandangan evolusi, mungkin dikarenakan John adalah ahli biologi molekuler.
Sebelum membahas tentang cara kerja otak manusia yang ada di buku Brain Rules, 
Di buku itu John menulis banyak hal tentang cara kerja otak manusia namun otak Anda akan meleleh dan keluar dari telinga jika saya tulis semuanya. Sebab itu saya mencoba menyajikan sekepal rangkuman tentang  cara kerja otak manusia menurut buku Brain Rules. Ini dia cara kerja otak manusia :

Sumber : 7 cara meningkatkan IQ

1. Berolahraga Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak

 

Saat kita berolahraga atau sekedar menggerak-gerakkan badan (layaknya senam karena terpaksa), darah akan terpompa ke otak, mengalirkan oksigen dan glukosa.
Nah, dari sini kita bisa tahu mengapa ketika kuliah dulu kita selalu merasa bosan didalam kelas, yaitu disebabkan kita hanya duduk terdiam memandangi punggung dosen yang secara beringas menghabiskan ruang di papan tulis. Duduk dan diam itu menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke otak. Jadinya, kuliah dari dosen menguap seiring uapan dari mulut kita yang menganga selebar-lebarnya. Uuaaah…..
Selain meningkatkan kemampuan otak, berolahraga juga mampu mengurangi resiko terkena Alzheimer dan Dementia (penurunan kapasitas otak).

 

2. Otak Juga Beradaptasi Dan Berevolusi


Perubahan alamiah (alam maupun sosial) yang terjadi dibumi ini memang selalu egois pada makhluk hidup, sebab itu manusia sebagai salah satu bagian dari makhluk hidup harus mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Tentunya organ utama yang merespon perubahan ini adalah otak. Kenapa? Karena otak manusia terus berkembang untuk belajar, memahami dan menyelesaikan berbagai permasalahan. Baik itu permasalahan dalam berinteraksi dengan alam ataupun dengan manusia lain. Itu sebabnya otak manusia dituntut untuk selalu efektif dalam beradaptasi atau bahkan berevolusi, terutama ketika berhubungan dengan permasalahan ataupun perubahan lingkungan sosial.
Dalam hal efektifitas ini, John memaksudkan bahwa otak manusia harus bisa beradaptasi dan berevolusi secara nyata dan itu tercermin pada kemampuan manusia dalam memahami dan menyelesaikan persoalan juga membangun relasi dengan orang lain.
Sebagai contoh dalam lingkup perubahan sosial, otak manusia harus bisa beradaptasi ketika memasuki wilayah baru dengan orang-orang baru karena jika otak manusia tidak bisa memahami lingkungan sosialnya maka semuanya tidak akan efektif. Seorang pekerja kantoran tidak akan bisa bekerja secara efektif jika otaknya tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan kantor.

3. Masing-Masing Otak Tersusun Secara Berbeda


Rangkaian hubungan syaraf-syaraf di otak manusia akan terus terbangun tapi disaat bersamaan ada juga dari rangkaian itu yang terputus. Putus sambung ini (kok kayak lagu ya) menyebabkan otak manusia sangat dinamis atau tidak berhenti berkembang, baik secara fisik maupun susunan otak.
Dinamika otak manusia itu terjadi akibat berbagai kejadian dan pengalaman yang dialami sehari-hari. Itu sebabnya tidak ada satu otak manusiapun yang sama di dunia ini. Semuanya tersusun secara berbeda, bergantung pada rangsangan, kejadian dan pengalaman yang dialami si pemilik otak.

 

4. Otak Manusia Memiliki Batasan Konsentrasi


Otak manusia hanya bisa fokus kepada sesuatu selama 10 menit. Itu sebabnya ketika mendengarkan kuliah, ceramah atau presentasi kita cepat bosan dan langsung ambil sesuatu tuk mengalihkan perhatian, BB contohnya 
Jadi jika Anda memiliki kesempatan untuk menjelaskan sesuatu kepada seseorang ataupun khalayak, biasakan Anda me-refresh otak audiens setiap 10 menit sekali, misalnya dengan gurauan ataupun dengan membuka sesi tanya jawab.
Dan disebabkan otak manusia hanya bisa fokus selama sepuluh menit itu pulalah saya mengakhiri artikel bagian pertama ini

4 Cara Kerja Otak

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 4 Cara Kerja Otak
Ditulis oleh Meningkatkan daya otak
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://meningkatkandayaotak.blogspot.com/2012/07/4-cara-kerja-otak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON KOMENTAR DENGAN BAHASA BAKU
PLEASE COMMENT WITH STANDARD LANGUAGE

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of meningkatkan daya ingat otak. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.